Jumat, 22 November 2013

Cara Latihan Otot Bahu Terbaik Yang Harus Dicoba

Bagi anda yang bingung untuk memulai latihan otot bahu maka artikel kami kali ini akan sangat tepat untuk anda. Sebuah otot bahu yang telah terlatih akan sangat membantu dan menunjang sebuah penampilan tubuh sebab untuk memperbaiki sebuah frame tubuh pada bagian atas. Sebuah bahu yang lebar serta kuat akan membuat anda menjadi lebih terlihat gentle dan akan tampak baik pada saat memakai pakai apapun itu.

Langkah awal untuk melakukan latihan otot bahu adalah anda harus mengetahui dahulu bagian otot ini terdiri dari apa saja. Otot bahu ini terdiri dari otot bahu samping, otot bahu depan dan otot bahu bagian belakang. Dari ketiga jenis otot bahu ini haruslah di latih dengan latihan yang berbeda pula.
Sebuah latihan bahu ini dapat di bagi menjadi dua yaitu sebuah latihan yang menggunakan gerakan presses dan raises. Latihan dengan menggunakan gerakan raises ini merupakan salah satu jenis latihan yang bisa di lakukan menggunakan alat beban dumbbell, carble ataupun barbell. Gerakan ini dapat di awali dengan menggunakan posisi tangan yang lurus ke bawah lalu di angkat beban dengan menggunakan posisi tangan yang tetap lurus hingga dapat sejajar dengan otot bahu. Sebuah latihan raises ini adalah sebuah latihan yang sejenis dengan latihan yang mengisolasikan otot bahu. Sehingga gerakan yang benar ialah gerakan yang melakukan sebuah tekanan dan dapat secara total dapat di terima oleh otot bahu. Apabila anda melakukan gerakan yang kurang tepat maka hal ini dapat mengurangi sebuah tekanan yang akan di terima oleh otot bahu dan hal ini akan membuat semua latihan anda menjadi sia-sia saja sebab tidak mendapatkan hasil yang maksimal.


Dengan melakukan jenis latihan gerakan presses maka anda dapat melakukan olah raga ini dengan menggunakan bantuan alat beban seperti halnya dumbbell, barbell dan mesin. Untuk gerakan ini dapat anda mulai dengan melakukan posisi siku yang bengkok dan beban dapat berada di posisi sejajar dengan bahu. Lalu anda dapat mengangkatnya ke arah atas hingga posisi tangan anda menjadi lurus. Untuk jenis latihan yang ini selain memberikan tekanan pada otot bahu juga dapat memberikan tekanan di otot triceps.

Di dalam melakukan sebuah latihan otot bahu ini anda sebaiknya selalu mengombinasikan kedua gerakan anda ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan anda. Bila anda ingin mencoba beberapa latihan otot bahu maka anda dapat menyimak di bawah ini yang telah kami rangkum dari berbagai macam sumber :

Behind the neck presses

Latihan ini berguna untuk otot bahu  bagian samping dan juga depan.
Untuk latihan ini dapat di awali dengan posisi tangan yang menekuk dan barbell sejajar dengan leher dan beban berada di belakang kepala. Kemudian anda dapat mengangkat beban dengan perlahan-lahan sampai ke posisi tangan anda lurus. Lalu pada saat anda mengangkat serta menurunkan beban maka anda dapat menjaga keseimbangan badan anda supaya beban anda tetap dalam keadaan lurus. Selanjutnya anda dapat menurunkan beban anda secara perlahan hingga ke posisi awal, dan anda dapat menarik siku anda sejauh mungkin kearah belakang.

Dumbell presses

Untuk melakukan latihan ini anda dapat membentuk otot bahu anda bagian samping dan depan. Anda dapat memegang barbell dengan kedua tangan anda dengan posisi siku yang menekuk dan melebar ke arah samping. Lalu telapak tangan anda dapat  saling berhadapan serta beban dapat sejajar dengan bahu anda. Selanjutnya anda dapat mengangkat beban hingga ke atas dan posisi tangan anda hingga menjadi lurus serta beban yang anda pegang dapat saling bersentuhan pada saat di atas kepala anda. Selanjutnya anda dapat menurunkan beban anda hingga ke posisi awal. Ketika anda sedang menurunkan beban maka anda dapat menggerakkan siku hingga selebar mungkin kearah samping.

Standing lateral raises

Jenis latihan otot bahu ini dapat membentuk otot bahu bagian samping.
Langkahnya adalah anda dapat memegang dumbel dengan kedua belah tangan anda dan posisi tangan anda dapat lurus ke arah bawah hingga ke samping badan. Selanjutnya anda dapat mengangkat beban anda secara perlahan lahan dengan posisi sebuah tangan dengan tetap lurus hingga ke posisi yang sedikit ke atas bahu. Setelah itu anda dapat secara perlahan-lahan menurunkan alat berat anda dan kembali ke posisi awal. Biasanya kesalahan yang sering terjadi pada saat menjalani jenis latihan ini ialah sebuah kecenderungan pada saat mengayun dan mengangkat beban dan hal ini akan menjadikan latihan beban anda tidak efektif dan menjadi kurang maksimal.

1 komentar: